WEB BLOG
this site the web

Ga Nyangka SEKOLAHKU UNGGULAN..



Negeri ini sedang berjuang keras untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun hasilnya belum memuaskan. Kini upaya meningkatkan kualitas pendidikan ditempuh dengan membuka sekolah-sekolah unggulan, misalnya SD-SD Unggulan. Sekolah unggulan dipandang sebagai salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas SDM. Sekolah unggulan diharapkan melahirkan manusia-manusia unggul yang amat berguna untuk membangun negeri dan mengembalikan jati diri bangsa di bidang pendidikan. Tak dapat dipungkiri setiap orang tua menginginkan anaknya menjadi manusia unggul. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah unggulan. Setiap tahun ajaran baru sekolah-sekolah unggulan dibanjiri calon siswa, karena adanya keyakinan bisa melahirkan manusia-masnusia unggul.

Konsep Sekolah Unggulan
Sekolah unggulan yang sebenarnya dibangun secara bersama-sama oleh seluruh warga sekolah, bukan hanya oleh pemegang otoritas pendidikan. Dalam konsep sekolah unggulan yang saat ini diterapkan, untuk menciptakan prestasi siswa yang tinggi maka harus dirancang kurikulum yang baik yang diajarkan oleh guru-guru yang berkualitas tinggi. Padahal sekolah unggulan yang sebenarnya, keunggulan akan dapat dicapai apabila seluruh sumber daya sekolah dimanfaatkan secara optimal. Berarti tenaga administrasi, pengembang kurikulum di sekolah, kepala sekolah, dan penjaga sekolah pun harus dilibatkan secara aktif. Karena semua sumber daya tersebut akan menciptakan iklim sekolah yang mempu membentuk keunggulan sekolah.

Keunggulan sekolah terletak pada bagaimana cara sekolah merancang-bangun sekolah sebagai organisasi. Maksudnya adalah bagaimana struktur organisasi pada sekolah itu disusun, bagaimana warga sekolah berpartisipasi, bagaimana setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab yang sesuai dan bagaimana terjadinya pelimpahan dan pendelegasian wewenang yang disertai tangung jawab. Semua itu bermuara kepada kunci utama sekolah unggul adalah keunggulan dalam pelayanan kepada siswa dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya.

Berikut adalah daftar Sekolah Dasar (SD) unggulan menurut buku PT PPDB DKI 2009/2010, yang mungkin bisa Anda jadikan pegangan untuk memilih sekolah bagi putra-putri Anda:

SDN DKI Bertaraf Internasional

1. SDN Menteng 01 Pagi Jl Basuki No.4/Jakpus
2. SDN IKIP/Labschool Pagi Jl Pemuda Kompleks UNJ/Jaktim
3. SDN Menteng 02 Pagi Jl Tegal No.10/Jakpus
4. SDN Kebon Jeruk 11 Pagi Jl Kebon Jeruk Rt 003/13/Jakbar
5. SDN Pondok Labu 11 Pagi Jl Margasatwa No.2/Komplek Timah/Jaksel

SDN Bertaraf Nasional

1. SDN Gondangdia 01 Jl HOS Cokroaminoto No.66/Jakpus
2. SDN Menteng 03 Jl Cilacap No.5 Menteng/Jakpus
3. Bendungan Hilir 12 Jl Taman Bendungan Jatiluhur/Jakpus
4. SDN Johar Baru 01 Jl Percetakan Negara 4/Jakpus
5. SDN Gunung Sahari Utara 01 Jl Rajawali Selatan V No.3/Jakpus
6. SDN Semper Timur 07 Pagi Jl Kebantenan IV No.19/Jakut
7. SDN Rawa Badak Utara 01 Pagi Jl Sunter II No.35/Jakut
8. SDN Pegangsaan Dua 05 Pagi Jl Harpa II/Jakut
9. SDN Pegangsaan Dua 07 Pagi Jl Akordien Pegangsaan Dua/Jakut
10. SDN Sunter Jaya 09 Pagi Jl Danau Indah No.11/Jakut
11. SDN Semper Barat 15 Pagi Jl Cilandue Raya/Jakbar
12. SDN Cengkareng Timur 07 Pagi Jl Fajar Baru Utara 7/Jakbar
13. SDN Joglo 10 Pagi Jl Raya Joglo/Jakbar
14. SDN Sukabumi Selatan 05 Pagi Jl KPBD/Jakbar
15. SDN Semanan 09 Pagi Jl Semanan Raya/Jakbar
16. SDN Rawajati 08 Pagi Jl Kompleks Kalibata Indah/Jaksel
17. SDN Guntur 03 Pagi Jl Halimun 2B/Jaksel
18. SDN Tebet Timur 15 Pagi Jl Tebet Timur III/1, Jaksel
19. SDN Lebak Bulus 02 Pagi Jl Pertanian Raya No.59/Jaksel
20. SDN Duren Tiga 01 Pagi Jl Raya Pasar Minggu No.100/Jaksel
21. SDN Cijantung 03 Pagi Jl RA Fadillah Cijantung/Jaktim
22. SDN Dukuh 09 Pagi Jl Kompleks Bumi BHP/Jaktim
23. SDN Baru 01 Pagi Jl RA Fadillah Cijantung/Jaktim
24. SDN Makasar 06 Pagi Jl Depnaker/Jaktim
25. SDN Cibubur 11 Pagi Jl Cibubur I/Jaktim
26. SDN Pulau Untung Jawa 01 Pg Jl P.Untung Jawa Rt 002-03/Kep.Seribu
27. SDN Pulau Kelapa 02 Pagi Jl Pulau Kelapa Rt 002-03/Kep Seribu.

Kita tentunya sangat berharap penyelenggaraan sekolah unggulan benar-benar bisa melahirkan manusia unggul yang bermanfaat bagi negeri ini. Bibit-bibit manusia unggul di Indonesia cukup besar karena prefalensi anak berbakat sekitar 2 %, artinya setiap 1.000 orang terdapat 20 anak berbakat (Daniel P. Hallahan dan James M. Kauffman, Exceptional Children: Introduction To Special Education, New Jersey: Prentice-Hall international, Inc., 1991), hh. 6-7). Berdasarkan prakiraan Lembaga Demografi UI (1991) penduduk usia sekolah di Indonesia tahun 2000 diperkirakan sebesar 76.478.249, maka kita akan memiliki anak berbakat (baca: unggul) sebanyak 1.529.565 orang. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan pimpinan dari tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan.

Dan upaya Pemerintah dari Tingkat Pusat s/d Daerah untuk mewujudkan ini semua, menjadikan INDONESIA UNGGUL di semua bidang, dan sumbernya adalah dengan PENDIDIKAN mencetak MANUSIA UNGGUL yang disertai dengan IPTAQ (Ilmu Pengetahuan dan Bertaqwa)
mampukah kita :
1.Mencetak sekolah-sekolah unggulan & mampu melahirkan manusia-manusia unggul 2.Terjangkaukah dengan masyarakat Indonesia 3.Bagaimana dengan Kurikulum beda/sama dengan sekolah kebanyakan ?

-dari berbagai sumber-


0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies